Bukan Kalinga

Posted: May 28, 2011 in Heart-Shaped Box

Ashoka, aku iri padamu.

Aku iri padamu bukan karena kau berhasil menaklukkan Burma dan Bangladesh hingga daerah-daerah di Pamir Knots hingga Andhra Pradesh.

Aku iri padamu karena kau telah menemukan kedamaian, sebagaimana kau yang kini telah membuang pedangmu ke sungai Gangga dan melakukan perjalanan jauh ke Himalaya.

Dan mungkin kini kau telah mencapai kesempurnaan.

Tapi Ashoka, aku tak ingin menjadi dirimu.

Aku tak ingin menjadi dirimu bukan karena kau dengan kejinya membakar 500 menterimu, puluhan saudara dan permasurimu yang mencoba mengkhianatimu.

Aku tak ingin menjadi dirimu karena kau baru melakukan perjalanan jauh keHimalaya setelah pertumpahan darah di Kalinga.

Dimana janda dan yatim menjadi tidur tak beratap dan tangisanmu untuk itu telah terlambat.

Tahukah kau, Ashoka

Sebenarnya pedangku telah ku buang ke sungai Gangga, dan sudah ku mulai perjalananku ke Himalaya.

Tapi apa daya, ada sebuah pertempuran terakhir yang mana harus aku arungi dan membuatku kembali ke kerajaan ini.

Tapi ini bukan Kalinga, dimana kau salah melepaskan jiwa dari ribuan raga.

Ini sesuatu yang amat sangat jauh berbeda.

Comments
  1. gambarnya bagus.. pas ama ceritanya..

Leave a comment